SENTRA MAKRO

SENTRA MAKRO
bermain peran akan menambah perbendaharaan kata si kecil

Rabu, 12 November 2014

Keterampilan Bahasa usia 3 tahun



Banyak dilingkungan sekitar kita para orang tua sulit dan bingung bagaimana mengatasi keterampilan bahasa anak pada usia 3 tahun untuk berkomunikasi. Terkadang tanpa disadari kita membiarkan si kecil bermain sendiri tanpa ada teman yang menemani. Pada akhirnya si kecil tidak bisa bicara karena tidak ada interaksi dari orang lain. Sering-seringlah berbicara dengan si kecil dan lakukan kontak mata sebisa mungkin.
  1. Bicarakan tentang perasaan dan suasana hati
    Anda bisa berspekulasi tentang perasaan si tokoh dalam cerita. Misal, “boneka beruangnya hilang”. Percakapan ini sangat berguna bagi anak laki-laki maupun perempuan. Tapi lebih membantu untuk anak laki-laki yang terkadang tumbuh tanpa memiliki perbendaharaan kata serta keinginan untuk membicarakan masalah perasaan.
  2. Permainan huruf
    Anda dapat mengenalkan alfabet melalui permainan dengan kartu huruf. Minta anak untuk memikirkan tiga kata yang diawali dengan huruf “b” misalnya.
  3. Nyanyikan sajak dan lagu-lagu anak
    Untuk merangsang kesadaran anak terhadap irama bicara. Pengulangan kata pada lagu dapat membantu mengucapkan bunyi yang didengar.
  4. Memaikan boneka bersama
    Boneka tangan/jari mampu menggelitik imajinasi anak gan memperluas kosa kata dan tata bahasanya disaat menciptakan berbagai dialog.

       “rata-rata anak usia 3 tahun mempelajari satu kata baru setiap 2 jam, kecepatan yang berlangsung hingga masa remaja”.

Semoga bermanfaat  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar